Xiaomi Redmi 9T, Smartphone Rp2 Jutaan yang Punya Sensor NFC

Xiaomi Redmi 9T
Xiaomi Redmi 9T

Xiaomi baru saja mengadakan acara rilis online pada Jumat (8/1) kemarin. Dalam acara tersebut, diperkenalkan dua seri Redmi yang masing-masing hadir dengan harga terjangkau untuk tiap kelasnya. Menjadi varian termurah, Xiaomi Redmi 9T hadir sebagai opsi Redmi terbaru pada tahun 2021.

Jika terlihat familiar, sebenarnya Redmi 9T adalah sebutan lain dari Redmi Note 9 4G yang diluncurkan di China beberapa pekan lalu. Di sana, Xiaomi menggunakan penamaan "Redmi Note 9" karena seri tersebut belum digunakan. Berbeda dengan global dan Indonesia yang sudah menggunakan nama ini untuk seri lainnya.

Dan bahkan dari spesifikasinya saja, Redmi Note 9 di Tanah Air memiliki penawaran yang lebih mewah dibanding Redmi 9T. Maka tak heran jika untuk varian global, Xiaomi tidak menggunakan embel-embel "Note". Meski begitu, smartphone ini memiliki fitur yang terbilang cukup mewah untuk kelas Redmi.
Baca juga: Xiaomi Mi 10i 5G Debut dengan Snapdragon 750G dan Kamera 108MP

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9T

Xiaomi Redmi 9T

Dari segi desain, Xiaomi Redmi 9T terlihat memiliki desain yang lebih segar dengan pilihan warna yang cerah. Empat sensor kamera belakang tersusun di kiri atas bodi, sedangkan di bawahnya terdapat logo Redmi yang cukup besar. Sayangnya, bagian depan masih menggunakan desain poni waterdrop, namun tidak menggunakan kamera punch-hole.

Untuk layarnya sendiri, Xiaomi Redmi 9T menggunakan layar IPS berukuran 6,53 inci, dengan resolusi full HD +. Dimensinya cukup besar untuk menikmati konten streaming. Spesifikasi lainnya tidak istimewa, dapat menyala hingga 400 nits, dengan kecepatan refresh standar 60Hz.

Setup kameranya sendiri hampir identik dengan Redmi Note 9. Sebut saja sensor utama 48MP dengan teknologi pixel binning, sensor ultra wide 8MP f / 2.2, dan dua sensor 2MP untuk menghasilkan efek bokeh dan makro. Sementara untuk kebutuhan selfie, sudah disiapkan kamera 8MP di bagian depan.

Pemilihan chipset dan kapasitas baterainya juga dibuat sama dengan Poco M3 yang sempat meramaikan internet karena harganya yang fantastis. Xiaomi Redmi 9T menggunakan prosesor Snapdragon 662 dengan pilihan RAM 4 / 6GB. Penyimpanan internal juga tersedia dalam dua pilihan; 64/128 GB.

Kemudian untuk baterainya, kapasitasnya merupakan yang terbesar di seri Redmi saat ini yaitu mencapai 6.000 mAh. Xiaomi memberikan teknologi proteksi khusus, mengklaim bahwa baterainya akan bertahan hingga 4 tahun. Redmi 9T mendukung fast charging 18 watt, dan menyediakan adaptor charger 22,5 watt dalam paket penjualannya.

Lalu apa sajakah keistimewaan dari smartphone ini? Selain memiliki sensor infra merah dan jack audio 3.5mm, Xiaomi Redmi 9T juga akan hadir dengan varian yang dibekali sensor NFC. Sensor ini memang penting di beberapa kawasan seperti Eropa. Maka ini bisa jadi seri Redmi termurah dengan NFC.

Harga Xiaomi Redmi 9T

Xiaomi Redmi 9T

Xiaomi Redmi 9T hadir dalam empat pilihan warna; Twilight Blue, Sunset Orange, Ocean Green dan Carbon Grey untuk konsumen yang tidak suka warna mencolok. Untuk harganya sendiri, varian paling murah dijual mulai dari 159 Euro (Rp 2,7 juta) untuk varian 64GB, dan 189 Euro (Rp 3,2 juta) untuk varian 128GB.

Sedangkan versi dengan NFC hanya perlu menambahkan sekitar Rp170 ribu untuk harga tiap ukuran kapasitas memorinya. Smartphone ini akan sangat menarik jika hadir di Indonesia. Semoga dalam waktu dekat, dan dengan versi NFC ya.