Ubah Kamera Canon Jadi Webcam dengan EOS Webcam Utility

Canon EOS Webcam Utility
Canon EOS Webcam Utility

Teruntuk masyarakat Indonesia terutama yang berlokasi di Jakarta, adanya PSBB yang lebih ketat membuat sebagian dari kita harus kembali bekerja dari rumah atau work from home. Otomatis kegiatan rapat atau meeting secara daring lebih sering dilakukan. Dan kualitas kamera ketika sedang video conference menjadi penting untuk penampilan maksimal.

Ini menjadi kendala tersendiri, terutama bagi kita yang gunakan perangkat komputer atau laptop lawas dengan webcam seadanya. Namun jangan khawatir, ada alternatifnya. Selain gunakan kamera smartphone, kini pemilik kamera Canon juga bisa manfaatkan kamera mereka sebagai webcam, menggunakan perangkat lunak EOS Webcam Utility yang baru saja dihadirkan.

Baca juga: Canon EOS 850D, Kamera DSLR Kelas Entry dengan Fitur Semi-Pro

EOS Webcam Utility Mendukung 42 Seri Kamera Canon

EOS Webcam Utility

Canon sendiri sebenarnya telah mengembangkan software ini sejak awal masa pandemi, awal tahun ini. Sejak diluncurkan, tentunya EOS Webcam Utility mendapatkan respon yang baik karena dapat menampilkan video yang sangat baik, gunakan kamera digital Canon. Diawali versi beta, kini Canon hadirkan software khusus ini dalam edisi Full Version, mendukung total 42 kamera digital Canon.

Ya, cukup banyak kamera yang didukung, mulai dari seri DSLR EOS, mirrorless EOS, sampai kamera PowerShot sekalipun. Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • EOS: 100D, 200D, 200D II, 600D, 700D, 750D, 760D, 800D, 850D, 1100D, 1200D, 1300D, 1500D
  • EOS: 5D MkIII, 5D MkIV, 5DS, 5DS R, 6D, 6D MkII, 7D, 7D MkII, 60D, 70D, 77D, 80D, 90D
  • EOS: R, R5, R6, RP, Ra, M6 MkII, M50, M200, 1D X, 1D X MkII, 1D X MkIII, 1D C
  • Powershot: SX70 HS, G7 X MkIII, G5 X MkII

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi di Jakarta (17/9), Merry Harun selaku Canon Business Unit Director, pt.Datascrip mengatakan, “Canon berkomitmen untuk selalu memberikan solusi dan memenuhi kebutuhan para penggunanya. Dengan adanya software ini, pengguna kamera Canon bisa mendapatkan gambar video berkualitas tinggi dengan mudah, untuk kebutuhan konferensi video atau live streaming.”

Jika Gizmo friends memiliki salah satu dari 42 seri kamera Canon di atas, maka yang perlu dilakukan adalah dengan mengunduh dan meng-install EOS Webcam Utility di situs berikut ini. Meski sudah Full Version, aplikasi ini baru tersedia di perangkat Windows. Namun Canon janjikan kehadiran software ini untuk pengguna MacOS di masa mendatang, jadi pengguna Mac harap bersabar dahulu ya.

Cara Gunakan Kamera Canon Sebagai Webcam

Setelah aplikasi terpasang, nyalakan kamera dan ubah ke mode Movie. Pengguna bisa menyesuaikan pencahayaan dengan atur eksposur di kameranya langsung. Jika sudah, hubungkan kamera ke laptop atau PC dengan kabel USB yang sesuai. Sudah deh, kamera siap digunakan untuk video conference di Zoom dan lainnya.

Canon pun juga berikan daftar platform yang didukung, yaitu Skype, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet/Hangouts, FB Messenger, FB Live, YouTube Live, Discord, Streamlabs, OBS dan Slack. Di dalam ragam platform video conference ini, pengguna perlu mengganti sumber kamera dengan EOS Webcam Utility, untuk gunakan sudut pandang kamera yang tersambung.

Selain menggunakannya sebagai webcam, pengguna juga sekaligus dapat merekam video sembari digunakan ketika sedang video conference atau streaming. Saat sedang tersambung, tinggal tekan tombol rekam di kamera, dan video akan terekam ke kartu memori di kamera tersebut. Dengan cara ini, kualitas video saat sedang conference bisa jauh lebih baik menggunakan kamera profesional.