Telkom Andalkan Nvidia DGX A100 Untuk Kembangkan Aplikasi AI

Telkom Andalkan Nvidia DGX A100 Untuk Kembangkan Aplikasi AI

Jakarta, Selular.ID – Telkom Indonesia mengandalkan NVIDIA dengan menggunakan sistem NVIDIA DGX A100. Hal tersebut dilakukan perusahaan telekomunikasi untuk mengembangkan aplikasi computer vision dengan sistem komputer berbasis artificial intelligence (AI), dan aplikasi berbasis 5G, untuk mendukung dan memajukan bisnis di Telkom.

Telkom dituntut untuk melakukan riset teknologi maju guna mewujudkan ekonomi berbasis nilai yang mengutamakan inovasi dan mempersiapkan pasar masa depan.

Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Telkom Digital Business mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut, unit Advanced Technology & Business Research (ATR) Telkom telah membangun laboratorium inovasi digital atau Digital Innovation Laboratory yang fokus dalam mengeksplorasi perkembangan bisnis digital, khususnya untuk berbagai teknologi masa depan. yang diharapkan menjadi arus utama dalam 3 hingga 5 tahun ke depan.

“Dilengkapi dengan NVIDIA DGX A100, lab riset ATR dapat mengembangkan aplikasi computer vision dan berbagai solusi terkait AI lainnya untuk memberikan keunggulan dalam persaingan bisnis dengan para pesaingnya,” jelas Fajrin.

Fajrin mengatakan, fokus utama ATR adalah melakukan riset atau riset bisnis internal di Telkom, riset teknologi di bidang teknologi digital, pengelolaan Joint Innovation Center, pengelolaan aset laboratorium, dan pemberdayaan kelompok riset teknologi digital. ATR saat ini berkonsentrasi pada teknologi AI seperti pemrosesan gambar, pemrosesan bahasa alami, pemrosesan teks, pemrosesan video, dan pemrosesan suara. Pengembangannya akan mencakup pengerjaan kasus untuk teknologi AI canggih untuk mendukung bisnis Telkom di masa depan, dan mengembangkan berbagai prototipe aplikasi untuk industri vertikal.

“Kami membangun platform AI yang komprehensif untuk mendukung aktivitas laboratorium ATR kami seperti AI, robotika, otomatisasi proses robotik, blockchain, AR / VR, bio-signal, dan berbagai laboratorium teknologi canggih lainnya, dengan NVIDIA DGX A100 baru. , kami ingin mempercepat pelatihan model AI, termasuk akselerasi proses dan algoritme penyelarasan model AI. Kami berharap hasil dari proses penelitian ini dapat terus memajukan pengembangan produk baru. "kata Fajrin lagi.

Dengan performa AI 5-petaflop, NVIDIA DGX A100 adalah platform universal untuk semua beban kerja AI. Didukung oleh 8 GPU NVIDIA A100 Tensor, dan NVIDIA Networking yang merupakan perangkat jaringan berkecepatan tinggi, platform ini memungkinkan perusahaan untuk mengkonsolidasikan pelatihan, inferensi, dan analitik AI ke dalam infrastruktur AI terpadu yang mudah digunakan, termasuk akses langsung ke pakar AI. dari NVIDIA.

Baca Juga: Telkomsel dan Huawei Bangun 1.000 USO BTS di Tiga Daerah Terpencil

Dennis Ang, Director of Enterprise Business for SEA and ANZ Region, NVIDIA menambahkan, sejak diluncurkan Mei lalu, NVIDIA DGX A100 telah menarik banyak minat dari Indonesia, dari negara sekitar, dan dari seluruh dunia dengan penggunaan sistem ini. di berbagai industri untuk pekerjaan pengembangan AI.

“Performanya yang cepat dan sifat universal membuatnya lebih mudah dan lebih cepat bagi para peneliti untuk mengembangkan solusi AI. Telkom adalah contoh yang sangat baik dari organisasi yang berpikiran maju yang telah mengadopsi kekuatan DGX A100 untuk mengembangkan solusi AI di masa depan, "tutup Dennis Ang.

Postingan Telkom Andalkan Nvidia DGX A100 untuk Kembangkan Aplikasi AI muncul pertama kali di Selular.ID.