Tanpa Disadari, Inilah 4 Kebiasaan Penonton Youtube yang Sering Dilakukan

Google Duo Bakal Gunakan “Lyra”, Codec Hemat Bitrate Hanya 3Kbps
Investasi YouTube. Foto oleh brookings.edu

BUntuk semua pecinta video pasti tahu Youtube. Platform video ini bisa menjadi hiburan seseorang di waktu senggangnya. Dengan perkembangan teknologi, menonton video di Youtube tidak hanya bisa dilakukan di komputer. Melalui keberadaan Smartphone dan Smart TV, sensasi menonton Youtube semakin berbeda. Tercatat bahwa lebih dari 70% waktu menonton berasal dari perangkat seluler.

Tersebar di 100 negara dan menggunakan 80 bahasa, penggemar Youtube telah menyebar ke seluruh dunia. Total ada 1 miliar jam seseorang dapat menikmati menonton konten. Dengan usia rata-rata 18 hingga 34 tahun, Youtube kini menjadi magnet bagi anak muda untuk berekspresi dan menyegarkan pikiran.

Baca juga: Amerika Serikat Akan Memungut Pajak dari YouTuber Hingga 24%

Dalam menikmati video, sering kali penonton memiliki kebiasaan unik. Saya tidak tahu apa yang mendasari perilaku ini, tetapi kebanyakan orang pernah melakukannya. Berikut Gizmologi telah merangkum beberapa kebiasaan unik penonton dalam menonton video Youtube.

Mendengarkan Musik Tanpa Menonton Video

Musik
Tampilan jarak dekat dari seorang pria muda yang duduk di luar ruangan sambil mendengarkan musik

Dalam mendengarkan musik, sebagian orang pasti akan mencari judul lagu favoritnya melalui aplikasi streaming seperti Spotify, Joox, Deezer, Apple Music dan lain-lain. Tak jarang, penikmat musik kerap kesulitan menemukan lagu orisinal dari musisi favoritnya. Ada beberapa konten musik yang tidak bisa ditemukan di aplikasi streaming musik mainstream.

Dengan Youtube, semua orang dapat mencari dan menemukan jenis lagu yang mereka inginkan. Lagu dari tahun mana pun dapat ditemukan. Meski YouTube hanya dijadikan sebagai pemutar musik, setidaknya pendengar bisa bernostalgia dengan lagu-lagu favoritnya.

Lompat ke Bagian Video Tertentu

Youtube
ilustrasi Bilah Kemajuan Youtube

Untuk meringkas video, seseorang dapat memutar Bilah Kemajuan Youtube sesuai keinginan. Berapa pun durasi videonya, penonton dapat langsung melompat ke beberapa bagian. Dengan begitu, penonton dapat menikmati video tersebut tanpa harus melihat keseluruhan durasinya.

Saat ini Youtube telah menambahkan fitur chapter pada progress bar. Fitur ini dapat memudahkan penonton untuk menemukan klip yang ingin mereka tonton. Di bilah kemajuan, setiap durasi yang dimainkan akan memiliki judul segmennya sendiri. Pembuat konten dapat menambahkan fitur bab ke video, sesuai dengan klip yang sedang diputar saat itu.

Mempercepat dan Memperlambat Video

Youtube
Tampilan fitur kecepatan pemutaran

Setiap Youtuber pasti punya cara berkomunikasi yang berbeda. Dalam memahaminya, seringkali penonton kesulitan memahami kata-kata yang diucapkan. Selain pengucapan yang tidak jelas, kecepatan penyampaian kata menjadi masalah bagi seseorang untuk menangkap pesan tersebut.

Fitur kecepatan playback video di Youtube bisa menjadi solusinya. Dengan kecepatan minimal 0,25 hingga maksimal 2,0, pengguna bisa mengatur ritme video yang sedang diputar sesuai keinginan.

Menggunakan Teks Bahasa

Youtube
Menampilkan fitur subtitle

Di beberapa video, penonton seringkali kesulitan memahami bahasa asing. Melalui fitur subtitle (CC), pengguna dapat memahami bahasa yang digunakan. Juga berguna bagi para tunanetra untuk menikmati video.

Demikian ringkasan yang bisa disampaikan Gizmologi. Apakah diantara kebiasaan tersebut yang sering dilakukan Gizmo Sobat dirumah atau ditempat lain?