Surface Laptop Go Hadir dengan Intel Core i5, Harga Rp8 Jutaan

Microsoft Surface Laptop Go
Microsoft Surface Laptop Go

Tanpa memperhatikan bahwa jika akan merilis produk baru, Microsoft segera memperkenalkan sejumlah produk untuk lini Surface mereka. Pembaruan ini dilakukan dengan kesadaran Microsoft saat ini, di mana lebih banyak orang membutuhkan perangkat komputer yang cocok untuk menemani bekerja atau sekolah di rumah, selama wabah pandemi.

Untuk menghadirkan pengalaman premium dari lini Surface ke kelas harga yang lebih terjangkau, Microsoft meluncurkan Surface Laptop Go. Dengan perangkat ini, mereka ingin mencapai tujuan merancang perangkat Surface untuk semua orang, di semua lokasi, dan untuk berbagai gaya kerja. Meluncurkan laptop yang tidak hanya diperlukan, tetapi juga nyaman digunakan.

Baca juga: Berikut Spesifikasi & Harga Surface Duo, Smartphone Android Dua Layar Microsoft

Surface Laptop Go memiliki daya tahan baterai 13 jam

Surface Laptop Go

Dengan embel-embel “Go” di belakangnya, praktis jika Surface Laptop Go didesain lebih kecil dan portabel dibandingkan Surface Laptop yang dirilis untuk segmen premium. Namun Microsoft tetap menghadirkan fitur kunci yang seragam, seperti bezel layar tipis dan rasio 3: 2 yang diklaim lebih nyaman untuk multitasking.

Meski secara signifikan lebih murah, Surface Laptop Go tetap dibekali spesifikasi layar yang cukup tinggi. Layar PixelSense 12,4 inci memiliki resolusi 1536 × 1024, dengan kerapatan piksel 148ppi dan mendukung input sentuh 10 jari. Bezel sangat tipis di keempat sudutnya, dan Microsoft memiliki kamera 720p HD f / 2.0 di bagian atas, bersama dengan dua mikrofon Studio Mics untuk kualitas perekaman tinggi.

Didesain kompak, perangkat ini memiliki ketebalan hanya 15.69mm, dengan bobot sekitar 1.1 kilogram. Otomatis, kelengkapan pelabuhan sedikit terbatas. Meski jenisnya cukup lengkap, jumlahnya masing-masing hanya satu; Port USB-A, USB-C, jack headphone 3,5 mm, dan Surface Connect Port untuk perangkat pengisi daya.

Surface Laptop Go diklaim bisa digunakan seharian hanya dengan sekali pengisian daya, hingga 13 jam penggunaan. Menggunakan prosesor Intel Core i5-1035G1, Microsoft hanya menyediakan opsi grafis Intel UHD. Sedangkan untuk pilihan memori, tersedia dua pilihan ukuran RAM (4 / 8GB LPDDR4X) dan tiga penyimpanan internal (64GB eMMC dan 128 / 256GB SSD). Serta mendukung konektivitas Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi 802.11ax.

Bagian luar atas terbuat dari bahan aluminium, sedangkan bagian bawah terbuat dari plastik polikarbonat dengan campuran serat kaca dan 30% bahan daur ulang. Surface Laptop Go hadir dengan tiga pilihan warna cerah; Ice Blue, Sandstone dan Platinum. Menjalankan Mode Windows 10 Home S, termasuk uji coba 30 hari untuk Microsoft 365 Family.

Harga Microsoft Surface Laptop Go

Surface Laptop Go dijual mulai dari USD549 (Rp 8 jutaan) untuk varian terendah dengan memori 4 / 64GB. Sedangkan untuk opsi SSD, mulai dari $ 699 atau Rp. 10 juta (8 / 128GB). Hanya saja varian SSD yang dilengkapi sensor sidik jari terintegrasi dengan tombol power untuk memudahkan proses login melalui Windows Hello.

Perangkat ini sudah dapat dipesan melalui situs resmi Microsoft mulai hari ini, dan akan diluncurkan ke berbagai toko ritel resmi mulai 13 Oktober 2020. Microsoft juga mengatakan akan memperluas pasar ke 11 negara baru. Namun sayangnya, Indonesia masih belum masuk dalam daftar negara tersebut.