Motorola Edge S akan Jadi Handset Pertama Ditenagai Snapdragon 870 5G

Motorola Edge S akan Jadi Handset Pertama Ditenagai Snapdragon 870 5G

Qualcomm baru saja membuat kejutan dengan memperkenalkan chipset 7nm terbarunya, Snapdragon 870 5G. Chipset ini disebut-sebut mengalami sedikit peningkatan dari Snapdragon 865+ yang diperkenalkan oleh Qualcomm pada pertengahan tahun 2020.

Tentunya tidak sedikit yang bertanya-tanya produsen smartphone apa yang akan menggunakan chipset tersebut. Seperti yang diinformasikan sebelumnya oleh Qualcomm, chipset baru tersebut telah menarik perhatian banyak produsen smartphone termasuk Motorola, OnePlus, OPPO, Xiaomi dan iQOO.

Adalah Motorola yang secara terbuka mengonfirmasi bahwa Motorola Edge S akan ditenagai oleh Snapdragon 870 dan smartphone tersebut akan diperkenalkan pada 26 Januari. Bisa dibilang, Edge S adalah handset andalan pertama Motorola untuk pasar Cina dan seri Moto Edge pertama yang diluncurkan di Cina.

Sementara itu, akun resmi Lenovo China di Weibo menyebutkan bahwa Motorola Edge S juga akan menjadi smartphone pertama di dunia yang ditenagai Snapdragon 870 5G. Selama ini Motorola masih merahasiakan spesifikasi dari smartphone tersebut. Namun bocoran menyebutkan bahwa Motorola Edge S akan memiliki layar FullHD + 6,7 inci.

Selain itu, smartphone ini juga dikatakan memiliki dua lubang pada layar yang akan menampung kamera depan ganda. Satu hal yang tidak biasa, Motorola dikatakan membekali Edge S dengan layar yang memiliki refresh rate 105Hz.

Sementara itu, chipset Snapdragon 870 5G yang dibenamkan pada smartphone ini akan dipasangkan dengan RAM 8 GB atau 12 GB dan pilihan kapasitas penyimpanan yang lebih beragam. Motorola Edge S dikatakan memiliki pemindai sidik jari yang dipasang di samping dan baterai 5.000 mAh.

Lalu bagaimana dengan dukungan sektor fotografi? Masih dari bocoran yang sama, kabarnya Motorola Edge S akan memiliki empat kamera di bagian belakang. Konfigurasi 64 MP sebagai kamera utama ditemani lensa ultra wide 16 MP. Dua kamera tersisa masih misterius. Kamera depan 16 MP + lensa ultra lebar 8 MP.

Saat ini Motorola masih bungkam mengenai apakah smartphone ini akan dipasarkan di pasar global atau tidak. Jika benar, smartphone tersebut kemungkinan besar akan tiba di lini Moto G. Motorola mengatakan bulan lalu bahwa mereka memiliki Moto G yang ditenagai oleh Snapdragon 800 yang akan dirilis tahun ini.