Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak

Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Cara Memperbaiki SD Card yang Rusak – Meski smartphone terbaru saat ini umumnya dilengkapi dengan ruang penyimpanan memori internal yang besar, penggunaan SD Card alias kartu SD sepertinya masih menjadi pilihan.

Pasalnya jika ternyata memori internalnya kurang mencukupi, kamu masih bisa menambah ruang penyimpanan eksternal dengan menggunakan SD card ini, geng.

Namun media penyimpanan ini tentunya tidak akan menghindarkan yang namanya masalah dengan SD card yang rusak, tidak terbaca, data korup, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk mengatasinya kali ini Jaka punya 5 cara memperbaiki SD Card yang rusak yang mudah dan efektif banget untuk kamu coba!

Sama seperti SSD laptop, SD Card yang ada di pasaran saat ini tentunya hadir dengan berbagai jenis, kecepatan, dan kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mulai dari kapasitas paling rendah yakni 4GB, hingga 2TB yang terbilang cukup besar untuk sebuah SD card.

Sayangnya, pengguna sering dihadapkan pada masalah kartu SD yang rusak, seperti kartu SD tidak tersedia yang mengganggu aktivitas, terutama jika semua data, foto dan video disimpan di dalamnya.

Daripada kalian bingung, Jaka telah merangkum berbagai cara untuk memperbaiki memory card yang tidak bisa terbaca sama sekali, khusus untuk kalian.

1. Bersihkan Kartu Memori (Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Wajib Dicoba)

Jika kartu memori tidak bisa terbaca atau terdeteksi saat dimasukkan ke smartphone, langkah pertama untuk memperbaiki kartu SD rusak yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan konektor yang tersedia.

Dengan cara ini kamu juga bisa memperbaiki SD Card yang rusak tanpa perlu memformatnya, geng. Buat cara lengkap lakukan langkah-langkah berikut:

Lepaskan kartu SD dari perangkat gadget yang Anda miliki, seperti smartphone, kamera atau kamera aksi. Kemudian bersihkan plat tembaga (warna kekuningan) yang berfungsi sebagai penyambung penghapus. Gosok dengan lembut sampai terasa bersih.

Jika demikian, masukkan kembali ke gadget dan pastikan kartu SD yang rusak terbaca atau tidak. Jika berhasil, maka Anda juga dapat menggunakan kembali kartu SD untuk menyimpan berbagai file, termasuk unduhan video YouTube.

2. Coba Kartu SD di Smartphone Lain

Cara lain untuk memperbaiki kartu SD rusak yang paling mudah dilakukan adalah dengan mencoba kartu SD tersebut di ponsel cerdas lain.

Hal ini tentunya dapat mendeteksi, apakah memang terjadi kerusakan pada kartu memori Anda atau bahkan pada slot memori smartphone Anda.

Caranya tinggal masukkan saja SD Card yang sudah kamu keluarkan dan masukkan ke smartphone Android lain. Periksa apakah kartu SD dapat dideteksi dan dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika ternyata memory card tidak terbaca di Samsung, Vivo, atau HP lainnya, maka Anda bisa melanjutkan ke cara memperbaiki kartu SD rusak selanjutnya di bawah ini.
Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak Lain …

3. Periksa kesalahan melalui PC / laptop

Kemudian kamu juga bisa mengecek error terlebih dahulu lewat PC atau laptop, untuk melihat apakah SD card kamu bermasalah atau tidak.

Trik ini juga bisa kamu lakukan jika SD card tidak bisa diformat, geng. Untuk langkah-langkahnya, Anda bisa mengikuti sebagai berikut.

Pertama kali memasukkan kartu SD ke dalam smartphone dan menghubungkannya ke PC / laptop menggunakan kabel data. Jika Anda terhubung, ubah mode dari Media transfer mode (MTP) ke Mass storage mode (MSC).

Kemudian yang harus Anda lakukan adalah membuka Explorer (Windows + E) lalu klik kanan pada drive kartu SD. Pilih menu Properties> Tools> Error Checking dan tunggu hingga proses selesai.
Keluarkan setelah proses selesai dan periksa apakah kartu SD kembali normal atau tidak.

Jika ternyata cara memperbaiki SD Card yang rusak yang satu ini berhasil, Jaka merekomendasikan agar kamu segera melakukan backup datanya untuk berjaga-jaga jika suatu saat masalah ini terulang kembali.

Pasalnya dalam banyak kasus, sering terjadi masalah dimana file menjadi corrupt setelah dipindahkan ke SD card dan itu terjadi secara tiba-tiba, geng.

4. Format Melalui HP Android

Jika sudah putus asa dan tidak terlalu memperdulikan data yang tersimpan di dalamnya, kamu bisa langsung memformat SD Cardnya agar kembali normal dan bisa digunakan kembali.

Cara pertama dan pastinya paling mudah adalah dengan melakukan format melalui hp android secara langsung tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Lalu, bagaimana langkah-langkah memperbaiki kartu SD yang rusak menggunakan cara ini?

Pastikan kartu SD terhubung ke smartphone Android yang Anda gunakan.

Lalu buka Pengaturan> Penyimpanan> Penyimpanan portabel dan pilih drive kartu SD Anda.
Pilih menu Storage settings> Format> Erase & format. Tunggu hingga proses selesai dan pilih Selesai. Terakhir, Anda hanya perlu memeriksa kartu SD apakah sudah diformat dan kembali normal.

Namun perlu diingat jika melakukan cara ini, semua data termasuk aplikasi yang dipindahkan ke SD card juga akan terhapus, ya geng!

Baca juga artikel lainnya: Cara Mengatasi Kerusakan IC Power Android

Postingan Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak muncul pertama kali di Satriyadi.