Bocoran Terkini Mengenai Tiga Model Samsung Galaxy S21

Bocoran Terkini Mengenai Tiga Model Samsung Galaxy S21

Seri Galaxy S21 akan tiba cukup awal tahun depan. Seperti yang diungkapkan oleh seorang leaker, smartphone baru tersebut akan diumumkan pada 14 Januari dan akan mulai dijual pada 29 Januari. Kita sudah tahu seperti apa tampilan smartphone tersebut berkat render CAD yang beredar di internet.

Bocorannya, seri Galaxy S21 akan punya tiga model. Selain Galaxy S21, Samsung juga akan merilis Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra. Kini, spesifikasi utama dari ketiga smartphone tersebut telah terungkap beserta beberapa detail menarik lainnya.

Bocoran tersebut juga mengkonfirmasi bahwa Samsung akan meluncurkan Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra dalam dua varian chipset. Di beberapa pasar, smartphone tersebut akan datang dengan chipset Exynos 2100, sementara di pasar lainnya akan ditenagai oleh Snapdragon 875.

Disebut-sebut, chipset Exynos 2100 akan lebih baik dalam hal efisiensi daya daripada pendahulunya. Jadi, tidak tertutup kemungkinan Samsung akan meningkatkan masa pakai baterai. Ini juga dikatakan akan menyamai atau bahkan mengungguli Snapdragon 875 dalam hal kinerja.

Samsung Galaxy S21

Varian paling dasar, Galaxy S21 akan memiliki layar LTPS 6,2 inci dengan resolusi FullHD+. Bocorannya, layar smartphone ini memiliki refresh rate 120Hz. Tidak ada info tentang RAM yang dibenamkan dan penyimpanan internalnya, tetapi kemungkinan akan ada banyak variasi di beberapa negara yang menjual smartphone tersebut.

Di bagian belakang perangkat akan ada tiga kamera dengan konfigurasi yang sama seperti Galaxy S20. Jadi, konsumen akan mendapatkan kamera ultra-wide 12 MP, sensor utama 12 MP, dan kamera telefoto 64MP. Kamera depannya tidak disebutkan, tetapi itu mungkin juga tetap tidak berubah dari sensor 10 MP yang ada pada model di tahun ini.

Diperkirakan Samsung akan melakukan peningkatan via software pada sektor kamera yang dibenamkan, seperti dukungan perekaman 4K @60fps pada semua kamera, dukungan perekaman 60fps dalam mode Super Steady Stabilization, dan kemampuan secara otomatis beralih antara 30fps dan 60fps tergantung pada kondisi pencahayaan.

Fitur lainnya yang disebutkan oleh bocoran yang baru-baru ini sudah beredar di internet adalah perekaman video 8K pada 30fps. Ada juga dukungan untuk perekaman ganda (kamera depan dan belakang pada saat bersamaan), dan moon mode yang ditingkatkan.

Galaxy S21 juga dikatakan akan punya baterai berkapasitas 4.000 mAh yang sama dengan S20. Smartphone ini akan menjalankan One UI 3.1 berbasis Android 11 dan akan memiliki dukungan 5G, WiFi 6, dan Bluetooth 5.1. Untuk warna, akan tersedia dalam Phantom Violet, Phantom Pink, Phantom Grey, dan Phantom White.

Samsung Galaxy S21 Plus

Membawa embel-embel “Plus”, Galaxy S21 model ini akan hadir dengan layar 6,7 inci yang lebih besar. Kabarnya, resolusi layar smartphone ini hanya FullHD+, bukan QHD+. Sama seperti model standar, layar Galaxy S21 Plus juga memiliki refresh rate 120Hz, tetapi tidak adaptif. Dikatakan, fitur itu eksklusif untuk model Ultra.

Bergeser ke sektor kamera, pada panel bagian ada konfigurasi lensa 12 MP + 12 MP + 64 MP. Dijanjikan, konsumen yang membeli smartphone ini akan mendapatkan software yang sama dengan model standar. Kapasitas baterai telah ditingkatkan dari 4.500 mAh di Galaxy S20 Plus menjadi 4.800 mAh.

Smartphone ini juga akan menjalankan antarmuka One UI 3.1 berbasiskan Androd 11. Pilihan warna yang ditawarkan adalah Phantom Silver, Phantom Black, dan Phantom Violet. Belum ada konfirmasi tentang bahan atau material pelat belakang dari Samsung Galaxy S21 Plus.

Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra dikatakan punya tampilan yang lebih menarik dibandingkan dua model di atas. Layarnya memiliki ukuran 6,8 inci dengan panel LTPO dan memiliki resolusi WQHD+. Satu hal yang menarik, refresh rate yang dimilikinya sangat variabel, mulai dari 1Hz hingga 120Hz.

Puncak kecerahan layarnya mencapai 1600 nits dan Samsung juga dikabarkan telah meningkatkan rasio kontras menjadi 3.000.000: 1. Sementara, pada panel bagian belakang, Samsung masih menyematkan empat buah kamera yang kabarnya akan mendapatkan peningkatan lebih signifikan.

Pengaturan Quad-camera terdiri dari kamera ultra-wide 12 MP, sensor utama 108 MP yang merupakan versi terbaru dari yang ada di S20 Ultra, sensor telefoto 10 MP dengan 3x optical zoom, dan sensor super-telefoto 10 MP dengan 10x optical zoom yang menghadirkan 100X Space Zoom.

Kedua sensor telefoto tersebut dikatakan memiliki piksel 130% lebih besar dan dukungan autofokus piksel ganda. Selain itu, raksasa elektronik asal Korea Selatan itu juga disebut-sebut akan memuat sistem fokus laser pada Galaxy S21 Ultra.

Model Plus dan Ultra adalah dua model yang akan memiliki dukungan Ultra Wide Band. Fitur tersebut akan digunakan untuk melacak tag SmartThings. Bocoran tersebut juga menyebutkan bahwa model Plus dan Ultra juga akan memiliki dukungan kunci mobil digital, namun fitur ini mungkin tersedia di wilayah tertentu.

Selain itu, smartphone ini juga akan memiliki Bluetooth 5.1 dan akan menjadi satu-satunya model dengan WiFi 6E. Smartphone ini akan memiliki baterai 5.000 mAh. Fitur lain yang telah dikonfirmasi adalah dukungan S Pen, tetapi konsmen harus membelinya secara terpisah bersama dengan case khusus yang memiliki slot untuk menyimpan stylus.