Begini Cara Update Software OPPO Reno4 F ke ColorOS 11

OPPO Reno4 F - ColorOS 11
OPPO Reno4 F - ColorOS 11

Pembaruan perangkat lunak terbaru untuk smartphone OPPO, ColorOS 11 telah diresmikan sejak beberapa pekan lalu. Hadirkan beragam fitur baru berbasis Android 11, tampilannya juga tentunya disempurnakan. Tidak membutuhkan waktu lama, ColorOS 11 sudah hadir di berbagai perangkat OPPO, salah satunya adalah OPPO Reno4 F.

Pada bulan November kemarin, kami telah mengabarkan bila ColorOS 11 sudah menyambangi smartphone stylish OPPO tersebut. Namun nyatanya, pembaruan tak kunjung datang ke unit kami. Wajar, mengingat software update hadir secara bertahap. Nah, hari ini (7/12) pembaruan sudah muncul pada unit kami. Dan berikut kami infokan cara update OPPO Reno4 F ke ColorOS 11.

Baca juga: ColorOS 11 Bawa Kustomisasi UI Baru, Tersedia Untuk 28 Seri Smartphone OPPO

Update OTA OPPO Reno4 F ke ColorOS 11

Update OPPO Reno4 F ke ColorOS 11

Seperti smartphone Android modern pada umumnya, kamu tidak memerlukan perangkat komputer untuk lakukan pembaruan. Proses update OPPO Reno4 F ke ColorOS 11 sepenuhnya dilakukan dari smartphone secara over-the-air atau OTA. Yang hanya perlu kamu lakukan adalah masuk ke menu Settings – geser ke bawah sampai menemukan menu Software update.

Di dalamnya, kamu bakal menemukan notifikasi langsung untuk update OPPO Reno4 F ke ColorOS 11. Pembaruan ini merupakan major update, dalam artian peningkatan yang dibawa cukup masif, termasuk naik seri Android dari Android 10 ke 11. Sehingga wajar jika kapasitasnya mencapai 3,55GB.

Jadi jangan lupa untuk memastikan kuota modem kamu cukup, atau jaringan Wi-Fi stabil ya. Juga siapkan penyimpanan internal yang cukup supaya proses update OPPO Reno4 F berjalan dengan lancar. Kalau sebelumnya sudah mengaktifkan fitur unduh otomatis, maka proses yang perlu dijalankan tinggal proses install saja, tak perlu menunggu untuk unduh terlebih dahulu.

OPPO Reno4 F - ColorOS 11
Pengguna diingatkan bila proses update membutuhkan waktu cukup lama.

Proses update OPPO Reno4 F ke ColorOS 11 membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga pastikan kamu melakukannya di jam-jam yang tidak sibuk. Kamu juga bisa menyalakan opsi untuk otomatis install di jam tidur, pada rentang pukul 2 – 5 pagi, setelah menekan tombol “Update Now”. Juga memerlukan daya baterai lebih dari 20%, meski baiknya ada di 50% ke atas.

ColorOS 11 Bawa Tingkat Kustomisasi Lebih Dalam

ColorOS 11

Setelah proses update selesai, gunakan smartphone kamu seperti biasa. Bila kamu merasa performa atau baterai OPPO Reno4 F kurang setelah update, tunggu beberapa hari dulu. Karena umumnya membutuhkan penyesuaian dengan aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya. Bisa juga langsung berjalan optimal.

Sudah selesai melakukan proses update OPPO Reno4 F? Selamat mencoba ColorOS 11! Ada banyak sekali fitu yang bisa kamu eksplorasi, mulai dari tampilan always-on display (AOD), tema sampai font, hingga performa. OPPO sematkan teknologi AI App Preloading, yang secara aktif prediksi aplikasi apa saja yang biasa diakses di jam tertentu, percepat jeda waktu buka aplikasi.

Mengusung konsep “Make Life Flow”, ColorOS 11 berikan tingkat kustomisasi UI yang lebih banyak dari seri sebelumnya, agar smartphone OPPO milik pengguna bisa tampil lebih personal. Nantikan artikel-artikel berikutnya untuk bedah fitur-fitur baru di ColorOS 11 ya.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia